Monday, March 6, 2017

Hindari 5 Kesalahanan Ini Saat Membuat Lamaran Kerja



Tak dipungkiri, surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup atau resume memiliki peran yang cukup vital dalam mencari pekerjaan. Agar menarik perhatian, Anda harus berkreasi demi menampilkan kesan positif bagi manajer personalia. 

Ini bisa sangat sulit, dan kesalahan kecil dapat membuat resume Anda berakhir di tempat sampah. Mengutip Cheatsheet, berikut ini lima penyebab resume tidak dilirik oleh bagian HRD.

1. Menggunakan template
Jangan membuat resume menggunakan template yang banyak tersedia di mesin pencari dan menggunakan satu dari banyak CV boilerplates yang orang lain gunakan. Itu terlihat sangat amatir dan sama seperti milik pelamar yang lain. Luangkan waktu untuk berkreasi dan membuat karya sendiri yang mengesankan. Memang itu lebih memakan waktu dan usaha lebih. Namun hasilnya akan lebih bagus dan berkesan.


2. Tidak mencantumkan keterampilan yang tepat

Anda perlu menyampaikan kepada perusahaan bahwa Anda adalah pelamar yang mereka cari, yang mereka butuhkan, dan yang dapat memecahkan masalah mereka. Buat daftar keterampilan yang mereka cari dan jadilah orang yang bisa memenangi perhatian manajer personalia.


3. Penuh data sampah

Apakah resume Anda penuh dengan omong kosong yang tidak berguna? Dalam resume Anda diperlukan semua data yang bermanfaat dan tidak merugikan Anda. Singkirkan keterangan yang tak perlu. Sering kali keterampilan atau informasi yang tidak berguna bisa menutup peluang Anda.


4. Anda membosankan.

Apa yang membuat Anda istimewa, atau membuat unggul dari pelamar lain? Dan apakah resume Anda menggambarkan itu? Jika tidak tahu cara membuat diri sendiri menarik, bagaimana bisa mengharapkan manajer personalia yang sudah lelah mewawancarai puluhan pelamar bisa mengingat Anda, apalagi memberikan pekerjaan? Karena itu, jadilah kreatif.

5. Anda tidak sungguh-sungguh.
Anda perlu menyesuaikan bahan lamaran untuk posisi tertentu. Tekankan pada kata kunci utama dalam unggahan lamaran pekerjaan dan jelaskan kenapa Anda cocok untuk mengisi posisi itu. Jelaskan sedetail mungkin melalui surat lamaran dan resume Anda.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Visitor

Flag Counter